Loading...
You are here:  Home  >  Neurological Case Presentation  >  Current Article

kasus stent dan angioplasty vertebral

By   /  November 2, 2011  /  2 Comments

    Print       Email

Deskripsi kasus :
seorang laki laki , 58 tahun, datang dengan keluhan sesnsasi sempoyongan sejak 5 tahun yang lalu yang makin lama makin memberat ; sekitar 3 tahun yang lalu serangan vertigo mulai sering dirasakan . Dengan dokter sebelumnya dan pemeriksaan fisik yang dilakukan , didapatkan hasil vertigo tipe sentral . Diberikan terapi , vertigo membaik , namun kembali kambuh , dan sensasi sempoyongan tidak pernah hilang . modifikasi terapi sudah seringkali dilakukan , pemeriksaan laboratorium, kekentalan darah, EEG , semunya menunjkan hasil yang normal. Pasien sudah menjalani MRI kepala dan CT scan beberapa kali, termasuk di TTS Hospital Singapore , dan di diagnosa vertigo tipe sentral dan dizziness .
Kemudian oleh saya , saya lakukan cerebral DSA sekitar 2 minggu yg lalu, dan didapatkan hasil arteri  vertebral kanan yang kecil-hipoplasi ( gambar 1 ) bahkan hampir sama besar dengan  Tr. Thyreocervicalis kanan . Dan pada arteri vertebral kiri didapatkan hasil stenosis 60%. Pasien setuju untuk menjalani pemasangan stent pada vertebral kiri .
Hari ini stent kami pasang, tampak microguide wire dimasukkan ( gambar 3 ) untuk penuntun stent , dan pada gambar 4 tampak stent diposisikan pada lesi stenosis ; saya memakai stent 4 x 80 mm Gazelle; kemudian baloon dikembangkan hingga 14 atm , dan 16 atm pada pengembangan ke 2 . Gambar 5 dan 6 menunjukan hasil pembuluh darah yang sudah di stent .

Pasien dalam kondisi baik pasca stent, tidak ada penurunan defisit neurologi maupun tanda vital .

    Print       Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You might also like...

Kasus Dr. Anna

Read More →