Loading...
You are here:  Home  >  Neurological Case Presentation  >  Current Article

Kasus Dr. Anna

By   /  January 21, 2012  /  No Comments

    Print       Email

Bapak Ibu Yth
Mari kita sedikit berbincang perihal kasus dr Anna spt tertera dibawah. Beberapa  identifikasi masalah kasus ini adalah:
1. Sefalgia hebat
2. Febris
3. Nyeri seluruh tubuh
4. DHF
5. Edema serebri massive (CT Scan).
Pertanyaan dr Anna, apakah dexamethazone bisa diberikan pada kasus ini?

ANALISIS MASALAH

.

  • Yang pertama tentu kita mempertanyakan dari manakah gerangan datangnya nyeri kepala (NK) hebat tersebut? Tentu NK yang macam beginian pasti bukan N primer, tetapi sekunder. Pendapat ini didukung fakta: adanya edema serebri massive dan febris. Edema serebri saja sudah bisa membangkitkan NK, apalagi bila ditambah gejala febris yang berasal dari infeksi sistemik.
  • Fakta lain yang perlu dianalisis adalah keterkaitan antara infeksi DHF dengan edema serebri. Karena tidak ada factor lain yang berpotensi menyebabkan edema serebri, maka sementara ini kita menerima asumsi bahwa edema serebri disebabkan oleh infeksi DHF. Pertanyaan selanjutnya, adalah bagaimana DHF dapat menyebabkan edema serebri, dan seandainya itu terjadi, maka jenis edema serebri apakah yang paling mungkin muncul akibat infeksi DHF?
  • Untuk menjawab hal diatas tentu kita harus berpaling pada kepustakaan yang a Sekitar 0,5 – 1% DHF terkait dgn ensefalopati. Bentuknya macam2, satu diantaranya yang tersering adalah edema serebri. Edema serebri yang terjadi pada DHF oleh karena rusaknya BBB, yang berlanjut pada meningkatnya permeabilitas vaskuler, yang semuanya itu disebabkan oleh inflammatory processes. Dengan demikian edema serebri yang terjadi pada DHF termasuk kelompok Edema Vasogenik.• Kembali ke pokok masalah “apakah ada tempat utk dexametason?” demikian dr  Anna bertanya. Sebagaimana diketahui,  selain akibat inflamasi, edema vasogenik  ini juga terjadi pada tumor otak dan trauma otak. Pada kedua keadaan terakhir,  dexamethazone lazim dipakai. Pemberian dexamethazone pada edema vasogenik  bermanfaat untuk mensupresi proses inflamasi yang terjadi sekaligus menurunkan  tekanan intra cranial akibat edema. Atas dasar uraian ini, silahkan dr Anna jawab  sendiri pertanyaannya. Itu kalau asumsinya NK hebat pada pasien akibat adanya  edema serebri, bukan karena sebab lainnya. Ini pendapat pribadi yang belum tentu benar adanya.

Matur Nuwun
==================
Dari: “ansigeg@yahoo.com” <ansigeg@yahoo.com>
Kepada: Indoneuro Milis <indoneuro@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 20 Januari 2012 20:46
Judul: Konsul kasus

Dear pddk indoneuro
Kasus seorg lelaki 28 thn dg sefalgia hebat sjk 2 hari tipe vascular. Ada febris 38,6 C
dan sakit seluruh tubuh. Hsl evaluasi sppd pasen DHF. Hsl CT scan kepala non contrast
udem cerebri massive dg ventrikel menyempit. Pasen sangat kesakitan dan
mengganggu adl. Sgl modalitas antinyeri non opiat sdh diberikan tp msh tetap ada
keluhan. Pertanyaan; apakah ada tempat utk dexametason? Menurut sppd
diphenhidramin injeksi 2 cc IM bs diberikan tp tdk dexa. Mhn jawaban guru besar,
bp/ibu doktor, om/tante dokter, teteh dan rekans…. hehehe lebay.com
Mks ya…
Anna sinardja
Bali

    Print       Email

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You might also like...

Read More →